Sabtu, 08 Agustus 2015

Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid
Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid – Nyeri pada waktu haid ini bisa jadi momok bagi para wanita karena merekalah yang pasti mengalami hal ini tiap bulan. Memang tidak semua merasakan nyeri saat dating bulan. Tetapi bisa dipastikan jika rata-rata 9 dari 10 wanita pasti merasakan rasa nyeri ketika “Tamu Bulanan” tiba. Penyebabnya bisa beragam, antar kaum hawa bisa berbeda. Kondisi tubuh tiap orang juga berbeda. Namun disini akan kami ulas penyebab dan juga cara mengatasinya secara alami.

Penyebab Nyeri Saat Haid


Sebenarnya pada setiap waktu pada wanita selalu terjadi kontraksi pada otot dinding rahim, sakung halusnya sehingga hal ini tidak berasa. Keadaan ini bertambah agak runyam ketika masa menstruasi tiba. Mengapa? Karena sebagai bagian peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi ini menimbulkan tekanan pada pembuluh darah yang mengelilingi rahim. Efek dari ini adalah putusnya suplai darah dan oksigen ke rahim. Karena ketidak adanya oksigen inilah sehingga menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.


Rasa nyeri yang timbul bisa semakin memburuk karena secara bersamaan tubuh mengeluarkan bahan kimia yang disebut dengan prostaglandin. Bahan kimia inilah yang  memicu otot rahim terus berkontraksi. Selain kontraksi, prostaglandin juga bisa memicu hal lain seperti mual, diare, lemas, dan sakit kepala. Pada wanita yang prostaglandin-nya diproduksi lebih banyak maka akan merasakan rasa nyeri yang berlebih pada saat haid.
Jika anda atau saudara anda mengalami hal ini maka dua Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid ini bisa anda ikuti. 


Cara pertama;
Bahan-bahan yang dibutuhkan;


Temulawak, kira-kira 10 biji

Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid



 Gula aren

Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid


 Asam

Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid
  
Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

Cara Pembuatan;
Rebus bahan-bahan diatas secara bersamaan. Sisakan sampai satu gelas atau setengah gelas. Minum ramuan tersebut 1x sehari seminggu sebelum haid.


Cara kedua;
Bahan-bahan yang dibutuhkan;
Asam jawa
10 kunyit sebesar ibu jari


Cara Pembuatan;
Cuci bersih kunyit kemudian iris-iris.
Asam jawa dan kunyit tempatkan dalam satu wadah, kemudian seduh dengan air panas/mendidih. Biarkan sampai hangat-hangat kuku, kemudian saring. Ramuan ini untuk sekali minum. Lakukan pada pagi dan sore hari.


Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid diatas sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh orang tua kita dahulu. Hanya saja cara ini terbilang kuno dan terkesan ribet. Makanya banyak yang suka akan penggunaan produk instan tanpa mempertimbangkan efek samping yang terjadi. Oh ya, biasanya nyeri haid lebih berat pada wanita dengan criteria dibawah ini;


Volume haid lebih banyak.
Karena darah yang dikeluarkan lebih banyak, maka resiko untuk mengalami nyeri haid lebih besar.


Mengalami menstruasi pertama sebelum usia 11
Menstruasi pertama menjadi langganan nyeri haid. Ini hampir dirasakan semua wanita. Apabila jika usia dibawah 11 tahun, maka potensi nyeri pada saat haid akan lebih besar.


Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan

Jika anda termasuk ini maka berhati-hatilah. Diet sehat dengan cara yang benar dan olahraga teratur menjadi wajib anda lakukan apabila tidak ingin timbul rasa nyeri berlebih pada saat dating bulan.


Belum pernah hamil
Mengapa wanita yang belum pernah hamil bisa tambah berat dalam rasa nyeri? Logikanya ia belum pernah mengalami perih dan nyerinya pada saat melahirkan. Maka sel telur yang tak terbuahi dengan sempurna akan lebur kembali.


Mengonsumsi alkohol atau merokok
Ini “makhluk asing” yag harusnya dihindari bagi kaum hawa. Karena jelas bisa mengganggu siklus menstruasi dan menimbulan perih, nyeri pada saat tiba.


Semoga ulasan Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid diatas bisa menjadi pengobatan alternatif bagi yang mengalami.

Ditulis Oleh : Wahyudi Online // 07.00
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar di blog ini ;-)